Dayak Dusun Gobukon

Tari Sumirid
Dayak Dusun Gobukon, adalah masyarakat etnik yang terdapat di Sabah. Ada hal menarik dengan istilah "Gobukon", yang dalam dalam bahasa setempat "gobuk" berarti "monyet". Hal ini sempat menimbulkan anggapan bermacam-macam persepsi tentang arti kata "gobuk".

Berikut kutipan yang diambil dari ... tentang sedikit cerita mengenai Dayak Dusun Gobukon "..ada satu kelompok manusia di zaman dahulu tinggal di persisiran pantai telah melarikan diri ke kawasan bukit karena diserang oleh ‘sangod’. mereka menyelamatkan diri dari ‘sangod’ tersebut. Sangod yg dikatakan tadi telah mengejar kelompok manusia tersebut. mereka telah menyembunyikan diri di hutan yg pada masa itu dihuni oleh berbagai binatang. mereka terkejut karena gobuk (monyet besar) itu tidak menyerang mereka seolah2 monyet itu tahu yg mereka berada dlm kesusahan. apabila tibanya sangod atau musuh yg mengejar mereka tadi, gobuk itupun menyerang kesemua musuh itu… sehinggakan ramai musuh mati di tempat itu. 
kelompok manusia tadi pun bersyukur karena mereka telah selamat daripada serangan sangod2 tadi..akhirnya mereka menamakan suku mereka suku kaum dusun gobukon.."

Menurut cerita Dayak Dusun Gobukon adalah penduduk asli Borneo Utara, diceritakan mereka pernah menempati puncak bukit pesisir pantai Mukim Kelawat Kota Belud, Sabah, Malaysia Timur. Konon Orang Gobukon adalah orang yang mempunyai kekuatan fisik yang sangat kuat. Orang Gobukon meninggalkan tempat ini karena sering mendapat gangguan dan serangan yang datang dari laut yang diketahui sebagai orang Maguindano dari Filipina. Orang Gobukon kemudian pindah jauh ke pedalaman dekat Gunung Kinabalu utara yaitu dekat Marak Parak, Daeah Kota Marudu.

source:
https://cyent.wordpress.com/author/cyent/
http://apotpuri.blogspot.com/2012/11/longgokan-kulit-siput-laut-dan-kulit.html

1 comment:


  1. saya IBU ENDANG/SURWANTO seorang TKI DI MALAYSIA
    pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos
    sempat saya putus asa apalagi dengan keadaan susah
    gaji suami saya itupun buat makan sehari2. sedangkan hutang banyak
    kebetulan suami saya buka-buka internet Dan mendapatkan
    nomor MBAH KASSENG (0853-4288-2547) katanya bisa bantu orang melunasi hutang
    melalui jalan TOGEL dan dengan keadaan susah, terpaksa saya
    hubungi dan minta angka bocoran hongkong
    angka yang di berikan waktu itu 4D 
    ternyata betul-betul tembus 100% alhamdulillah dapat 269.jt Oleh Karna itu saya posting no HP MBAH KASSENG ini supaya saudarah-saudara ku di indonesia maupun di luar negri yang sangat kesulitan masalah ekonomi (kesusahan) jangan anda putus asa. Karna jalan masih panjang yang penting anda tdk malu atau takut menghubungi MBAH KASSENG. Semua akan berubah Karna kesuksesan ada pada diri kita sendiri. Yakin dan percaya bahwa itu semua akan tercapai berkat bantuan dari mbah AMIN.
    MBAH KASSENG
    NO: 0853-4288-2547 / +6285-342-882-547

    ReplyDelete