Dayak Blaman

Suku Dayak Blaman (Balaman), adalah salah satu etnis dayak yang mendiami daerah alur sungai Bulik dan sungai Mentobi di provinsi Kalimantan Tengah.

Terdapat sedikit perdebatan dalam pengelompokan suku Dayak Blaman ini, karena suku Dayak Blaman sering disamakan dengan suku Dayak Tomun. Hal ini menjadi perdebatan kecil, karena bagi masyarakat suku Dayak Blaman bahwa suku Tomun adalah nama suku dayak yang berada di wilayah Sebabi-Asam Baru, di daerah alur sungai Lamandau. Secara geografis, mereka berbeda lokasi, sehingga menurut orang Dayak Blaman, mereka pun berbeda dengan suku Dayak Tomun.
Sedangkan orang Dayak Tomun, juga berpendapat sama, bahwa mereka tidaklah sama dengan suku Dayak Blaman, tetapi menurut mereka, suku Dayak Blaman adalah salah satu dari sub-suku Dayak Tomun.

Selama ini menurut beberapa anggapan dan beberapa pendapat para tokoh masyarakat dayak, bahwa suku Dayak Blaman beserta suku Dayak Delang dan Dayak Belantikan yang mendiami daerah alur sungai Bulik dan sungai Mentobi, dimasukkan ke dalam kelompok sub-suku Dayak Tomun.

sumber:

No comments:

Post a Comment