Suku Dayak di Filipina

Filipina, adalah suatu negara yang penduduk mayoritasnya adalah orang Filipino (Tagalog). Sekilas negara ini tidak memiliki hubungan sejarah langsung dengan Borneo atau pulau Kalimantan. Tapi ternyata di suatu tempat di Filipina, yaitu di kepulauan Sulu terdapat beberapa suku yang memiliki hubungan sejarah masa lalu dengan penduduk dari pulau Kalimantan. Menurut cerita masa lalu di kepulauan Sulu, bahwa penduduk asli di kepulauan Sulu, dahulunya adalah para perantau yang menyeberang ke daratan kepulauan Sulu yang sekarang menjadi bagian dari negara Filipina.

Bahkan, menurut cerita lama suku-suku setempat di kepulauan Sulu, menceritakan tentang kisah perjalanan nenek moyang mereka yang berasal dari pulau Kalimantan. Beberapa tradisi dan budaya mereka juga menampakkan banyak persamaan dengan tradisi dan budaya suku-suku Dayak di Kalimantan. Walaupun saat ini mereka tidak lagi menyatakan diri sebagai Dayak, tapi dalam hati dan sejarah mereka tetaplah mengakui bahwa nenek moyang mereka adalah orang Dayak dari Kalimantan.

Beberapa suku Dayak di Filipina, adalah:

referensi:
catt:  <  :  sementara dialihkan ke protomalayans

3 comments:

  1. baru tau ini izin jadi referensi perihal suku dayak di filiphina

    ReplyDelete
  2. Taga ilog artinya sendiri ialah orang hulu atau orang yang tinggal di seputaran sungai pasig kalau mau dirunut kebudayaan dayak mirip sekali dengan penduduk pedalaman di luzon tengah dari tato hingga motif kain atau pakaiannya

    ReplyDelete