Dayak Laya

Suku Dayak Laya, merupakan suatu kelompok masyarakat dayak yang berdiam di kecamatan Bonti kabupaten Sanggau provinsi Kalimantan Barat.

Suku Dayak Laya bermukim di 2 kampung, yaitu di kampung Sinung dan Petuo, yang berada sekitar 12 kilometer dari ibukota kecamatan Bonti bagian timur.

Secara tradisi dan budaya, suku Dayak Laya tidak jauh berbeda dengan suku Dayak Mudu', selain itu secara asal usul dan penyebaran juga banyak terdapat kesamaan cerita. Tapi dilihat dari bahasa yang digunakan antara suku Dayak Laya dan suku Dayak Mudu' terdapat perbedaan. Perbedaan terlihat dari bunyi vokal [e] pada bahasa Mudu’ yang mengapit konsonan maupun bunyi nasal, sedangkan pada bahasa Laya berubah menjadi vokal [o].

Kehidupan masyarakat suku Dayak Laya tidak jauh berbeda dengan masyarakat dayak lainnya, memiliki tradisi dan acara adat ritual tradisional serta mereka memiliki senjata seperti Mandau dan Sumpit, serta kerap melakukan kegiatan berburu di hutan sekitar pemukiman mereka.

sumber:
  • alloy, sujarni, dkk., mozaik dayak: keberagaman subsuku dan bahasa dayak di kalimantan barat, institut dayakologi, pontianak, 2008. 
  • kebudayaan-dayak 
  • scribd

No comments:

Post a Comment